Recent Articles

Friday, June 19, 2009

EFEK HIDROKUINON



Penggunaan Hydroquinon sebagai salah satu zat pemutih kulit, jika digunakan melebihi batas normal akan mengakibatkan kerusakan pada kulit, apalagi jika digunakan jangka panjang, maka akan mengakibatkan keracunan pada kulit. Zat hydroquinon ini juga ditemukan pada asap rokok dan asap kendaraan bermotor (bayangkan efeknya jika kandungan ini diserap dalam kulit masuk ke tubuh kita!!)

Apakah kegunaan hydroquinon? Hydroquinone menurunkan pembentukan melanin pada kulit. Melanin adalah pigmen pada kulit yang memberikan warna gelap/coklat. Hydroquinone digunakan untuk mencerahkan daerah gelap pada kulit seperti kerut, bintik2 penuaan, melasma, (warna gelap/kusam pada kulit yang timbul disebabkan oleh alat kontrasepsi)

Penggunaan hydroquinone, hal2 yang perlu diketahui: Hindari sinar matahari atau sinar UV buatan (lampu UV). Kulit dapat menjadi lebih gelap, harus menggunakan sunscreen minimum SPF 15. Tidak boleh digunakan pada kulit yang telah terbakar sinar matahari, terkena angin/debu, kering, pecah2, teriritasi, luka terbuka. Kondisinya bisa semakin memburuk jika tetap digunakan. Harus menunggu kondisi sembuh baru bisa menggunakan hydroquinone. (Bagaimana mungkin jika demikian kulit yang bermasalah justru harus menghindari hydroquinone, sedangkan banyak orang yang berjerawat/iritasi justru ingin kembali normal). Tidak boleh digunakan pada kulit yang memiliki masalah alergi, tidak boleh digunakan jika memiliki masalah liver atau ginjal (beresiko tinggi kan?) Tidak diketahui apakah dapat berbahaya bagi bayi dalam janin pemakai. Jadi sebaiknya dihindari jika dalam keadaan hamil. Tidak diketahui apakah dapat berbahaya bagi bayi yang disusui oleh pemakai hydroquinone.

Hydroquinone hanya digunakan pada kulit yang terkena masalah seperti bintik2 penuaan, warna gelap pada kulit dll, (jadi tidak seluruh muka, ini juga kan repot atau berarti tidak aman bagi daerah kulit yang tidak bermasalah) Tidak boleh digunakan pada mata, bibir, dalam hidung atau mulut. Bibir dapat kaku. Hydroquinone harus digunakan secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jika waktu digunakan teratur ternyata ada hari dimana kita lupa memakainya, dosisnya tidak boleh digandakan pada pemakaian berikutnya.

Pemakaian hydroquinone tidak boleh digunakan bersamaan dengan atau tidak boleh dicampur dengan semua produk peroxide, seperti benzoyl peroxide, hydrogen peroxide dll. Efek samping hydroquinone Kulit kering, pecah2 , Kemerahan/seperti kulit terbakar, iritasi, Perubahan warna pada kulit , Gatal2, bengkak, Sakit kepala, Sulit bernafas, dll.

0 komentar: