Recent Articles

Tuesday, August 16, 2011

Tujuan Umum dan Khusus BK di Sekolah




a. Tujuan Umum
Prayitno dan Erman Amti (2004:114) mengemukakan bahwa:
Tujuan umum bimbingan dan konseling adalah untuk membantu individu mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan predisposisi yang dimilikinya (seperti: kemampuan dasar dan bakat-bakatnya), berbagai latar belakang yang ada (seperti: latar belakang keluarga, pendidikan, status sosial ekonomi) serta sesuai dengan tuntutan positif lingkungannya. Dalam kaitan ini bimbingan dan konseling membantu individu untuk menjadi insan yang berguna dalam hidupnya yang memiliki wawasan, pandangan, interpretasi, pilihan, penyesuaian dan keterampilan yang tepat berkenaan dengan diri sendiri dan lingkungannya.

b. Tujuan Khusus
• Tujuan pelayanan bimbingan bagi murid ialah:
a) Membantu murid – murid untuk mengembangkan pemahaman diri diri sesuai dengan kecakapan , minat, pribadi hasil belajar, serta kesempatan yang ada.
b) Membantu proses sosialisasi dan sensitivitas kepada kebutuahn orang lain.
c) Membantu murid – murid untuk mengembangkan motif – motif instristik dalam belajar, sehingga tercapai kemajuan pengajaran yang berarti dan bertujuan.
d) Memberikan dorongan di dalam pengarahan diri, pemecahan masalah , pengambilan keputusan dan keterlibatan diri dalam proses pendidikan.
e) Mengembangkan nilai dan sikap secara menyeluruh, serta perasaan sesui dengan penerimaan diri (self acceptance)
f) Membantu didalam memahami tingkah laku manusia.
g) Membantu murid – murid untuk memperoleh kepuasan pribadi dan dalam penyesuaian diri secara maksimum terhadap masyarakat.
h) Membantu murid – murid untuk hidup dalam kehidupan yang seimbang dalam aspek fisik, mental dan sosial.



• Tujuan pelayanan bimbingan bagi sekolah ialah:
a) Menyusun dan menyesuaikan data tentang murid yang bermacam – macam
b) Sebagai penengah antara sekolah dan masyarakat.
c) Mengadakan penelitian tentang murid dan latar belakangnya
d) Menyelenggarakan program testing . baik untuk keperluan seleksi maupun penempatan (placement)
e) Membantu menyelenggarakan kegitan penataran bagi para guru dan personil lainya , yang berhubungan dengan kegiatan bimbingan.
f) Menyelenggarakan penelitian lanjutan terhadap murid – murid yang telah meninggalkan sekolah.
• Tujuan pelayanan bimbingan bagi guru
a) Membantu keseluruhan program pendidkan untuk menemukan kebutuahn – kebutuhan seluruh murid.
b) Membantu dalam memperoleh usaha memahami perbedaan individu serta individualisasi pengajaran, dalam mencapai penyesuaian antar keunikan individu dengan pendidikann.
c) Merangsang dan mendorong penggunaan prosesur dan tehnik bimbingan oleh guru – guru dan seluruh staf.
d) Membantu dalam mengenal pentingnya keterlibatan diri dalam keseluruhan program pendidikan.
e) Membantu dalam menyesuaikan keunikan individual denagn tututan umum sekolah dan masyarakat.
f) Membantu guru dalam hubungan dengan murid – murid.
• Bagi orang tua murid, pelayanan bimbingan ini bertujuan.
a) Membantu orang tua dalam menghadapi masalah – masalah hubungan antara manusia dalam keluarga, terutama yang berhubungan dengan murid – murid.
b) Membantu dalam memperoleh pengertian tentang masalah murid – murid serta bantuan - bantuan yang dapat diberikan.
c) Membantu dalam membina hubungan yang lebih baik antara keluarga dan sekolah, terutama dalam masalah – masalah yang berkenaan bantuan terhadap – murid murid.
d) Membantu memberikan pengertian terhadap program pendidikan pada umumnya.


0 komentar: